Cerpen: Album Foto


Di suatu siang yang santai, Bunda geleng-geleng melihat kelakuan Ayah dan anaknya yang berumur 7 tahun itu sedang asyik dengan dunianya masing-masing. Sampai akhirnya, Bunda punya ide cemerlang untuk menyatukan kebersamaan mereka kembali.

"Ayaaah, Rikooo.. Sini deh, Bunda nemu apa nih?" kata Bunda sambil nimbrung di di tengah-tengah keasyikan mereka.

Seketika Ayah dan Riko pun terhenti menatap layar smartphone mereka dan melihat kehadiran Bunda. "Nemu apaan, Bund?" tanya Ayah. Riko pun penasaran, dan ikut nimbrung.

"Ini album foto keluarga kita. Dari mulai Ayah sama Bunda menikah, sampai kamu usia tiga tahun," jelas Bunda.

Riko pun merasa antusias dan ingin melihatnya, "Wah, ini foto Ayah sama Bunda waktu muda dulu ya. Ayah masih kurus banget ya, Bund. Tapi sekarang.." Riko menghentikan ucapannya dan pandangannya tertuju pada perut sang Ayah.

Ayah pun sadar karena tiba-tiba dilihat anaknya, "Sekarang perut Ayah genduuut? Itu karena masakan Bunda kamu super enak. Bener nggak, Bund?" jawab Ayah membela diri.

"Yah, namanya juga udah ayah-ayah, pasti akan gendut pada waktunya," tawapun mewarnai suasana siang itu.

Lantas, tiba-tiba Riko melihat keadaan rambut Ayahnya dulu dan sekarang, "Yah, selain perut Ayah yang berubah, ternyata rambut Ayah juga berubah warnanya ya," jelasnya.

"Oh, ini namanya uban," sambung Ayah.

"Kenapa uban bisa muncul, Yah?" tanya Riko penasaran.

Ayah berpikir sejenak, "Bener nih kamu mau tahu kenapa uban bisa muncul?"

Riko mengangguk.

"Uban Ayah muncul kalau kamu nakal. Jadi, kamu jangan nakal-nakal ya, Nak," terang sang Ayah.

Riko pun terdiam, seakan merasa bersalah, "Maafin Riko ya, Yah. Riko janji, nggak akan pernah nakal."

"Nah, gitu dong.." kata Ayah sambil mengusap rambut Riko. Bunda yang melihat tingkah mereka pun ikut tersenyum.

Pandangan Riko kembali ke album foto itu, "Yah, ini kakek ya?" tanyanya.

"Iya, itu kakek," jawab Ayah.

Riko seperti mengingat-ingat sekaligus mengangguk-angguk, seakan mengerti tentang sesuatu, "Kenapa kamu manggut-manggut?" tanya Ayah.

"Riko jadi ngerti, Yah. Kalau dulu ayah pasti nakal banget ya, soalnya rambut kakek jadi putih semua," katanya polos sambil tetap fokus ke album foto.

Pernyataan Riko pun sontak membuat sang Ayah terkejut, diikuti tawa kecil Bunda.

advertise
advertise
advertise
advertise